Guru PPPK Tahap 3 Lulus Passing Grade Langsung Pemberkasan

Guru PPPK Tahap 3 - Pelaksanaan pengangkatan Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN khususnya guru untuk tahap 3 pada tahun 2022 tidak lama lagi akan digelar oleh para calon pendaftar Guru PPPK baik guru honorer negeri maupun swasta.

Upaya pemerintah dalam pelaksaan pengangkatan guru PPPK ini memanglah serius dan berupaya untuk memberikan solusi yang tepat dalam pelaksanaanya terutama dalam memperjuangkan hak guru yang lebih pantas melalui program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

guru-pppk-tahap-3

Berbagai permasalahan tentunya banyak dihadapi dalam proses ini, namun pemerintah selalu berusaha memperbaiki mekanisme dan memberikan harapan untuk guru honorer untuk terus mengabdi kepada negara.

Jika melihat fakta di lapangan kondisi sebenarnya memang kebanyakan guru honorer saat ini banyak yang masih jauh dari kata harapan terutama dalam hal kesejahteraan ekonomi. Orientasi diadakan program rekrutmen PPPK ini bisa menjadi terobosan sekaligus memudahkan guru menjadi tenaga pendidikan yang profesional tentunya didukung dengan kemampuan akademis dan keterampilan yang mendukung.

Berikut merupakan terobosan dari pemerintah yang dilakukan  demi terciptanya pelaksanaan rekrutmen guru PPPK yang adil, transfaran untuk guru honorer baik di sekolah negeri maupun swasta:

Prioritas pertama, pemerintah berupaya mengutamakan guru honorer yang sudah mencapai ambang batas (passing grade) namun belum mendapatkan jatah formasi pada tes guru PPPK tahap 1 dan 2.

Dari berbagai informasi guru honorer yang sudah mencapai ambang batas akan diprioritaskan tanpa melaksanakan tes kembali. Artinya guru honorer yang sudah mencapai nilai passing grade otomatis bisa melakukan pemberkasan.

Prioritas yang kedua, guru honorer yang sudah melaksanakan tugas dan mengabdi yang terdapat di sekolah induk diberikan afirmasi jika guru honorer tersebut telah lama mengabdi minimal lebih dari tiga tahun.

Keseriusan pemerintah bermaksud memberikan banyak afirmasi kepada guru yang berada di sekolah induk agar tidak tersingkir dari pelamar lainnya, dengan afirmasi lama pengabdian tertentu merupakan kesempatan emas agar tidak tersingkir dan tetap mempertahankan formasinya di lembaga tersebut tempat ia mengajar.

Dengan adanya alternatif dan terbosan baru untuk pelaksanaan perekrutan guru PPPK tahap 3 tersebut diharapkan guru honorer bisa memanfaatkanya dengan sebaik-baiknya, dan selalu berusaha mengikuti perkembangan seleksi guru PPPK tahap 3 pada tahun 2022.